Popular Posts

Recent Posts

Unordered List

Text Widget

Pages

Powered by Blogger.

Popular Posts

Search

Type your search keyword, and press enter

Contact Us

Name

Email *

Message *

Monday, 1 February 2016

Entry Data EMIS PENDIS PTKI 2015-2016

               No comments   
Assalamu 'alaikum Wr. Wb. 

Selamat siang Bapak/Ibu sahabat Operator semua, terutama operator Wilayah Kopertais VI Sumatera Barat....

Tulisan ini merupakan copas dari blog sebelah yang sudah saya modifikasi, yang ditulis setelah makan siang, jadi Bapak / Ibu silahkan makan siang terlebih dahulu, biar bacanya jelas. wkwkwk

Tutorial ini sifatnya nya bukan mengajari, hanya sebagai media berbagi informasi, data dan pengalaman menggunakan Aplikasi besutan Dirjen Pendis Kemenag RI. Jadi apabila ada salah kata mohon dimaafkan terlebih dahulu, hehe...

Tututial ini mulai dari ENTRY DATA (dari excel hingga upload) 

SETTING KOMPUTER / LAPTOP / NOTEBOOK

Sebelum melangkah lebih jauh kita terlebih dahulu harus memastikan bahwa komputer kita telah terseting sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Aplikasi EMIS PENDIS. Untuk itu silahkan dicek gambar berikut, kalo belum sama harap disamakan


Jika komputer anda belum seperti seting yang di atas mohon untuk tidak melanjutkan membacanya, hehe sebab ntar Bapak / Ibu sendiri yang akan kesulitan pada langkah berikutnya. 

FILE EMIS PTKI 2015-2016

Selanjutnya pastikan anda telah mempunyai file ini 

Kalo belum punya silahkan download di websitenya Pendis Kemenag

VALIDASI

Langkah selanjutnya yang juga sangat menentukan keberhasilan kerja anda adalah mencek data yang telah anda isi pada bagian Validasi Data. Langkah ini sangat menentukan nantinya dalam sukses atau tidaknya kerja yang Bapak / Ibu lakukan. HARAP DIPERHATIKAN dengan seksama, jangan sampai ada yang kosong. 


PISAHKAN SHEET DATA MAHASISWA

Kemudian pisahkan Sheet data MAHASISWA (file yang akan di upload ke laman emis) dari file aslinya, karena file aslinya mempunyai banyak Sheet, dan hanya satu sheet yang akan di upload ke aplikasi. 

CARANYA : 
  • Klik kanan pada Sheet Mahasiswa
  • Pilih Move or Copy
  • Pilih New Book
  • Ceklis / Centang Create a copy
  • OK
Perhatikan Gambar bila kurang paham apa yang saya maksud :D



SAVE AS CSV

Simpan file mahasiswa tadi dengan SAVE AS atau tekan aja F12

TIPS : 
  • Agar file yang di simpan itu lebih kecil maka SAVE nya dengan format CSV (MS-DOS)
  • Close / Tutp File anda (agar proteksi excelnya ilang) 
  • Buka kembali file yang tadi dengan cara klik kanan, open with : Ms. Excel. 
  • Bila muncul peringatan klik OK atau YES saja.
SAVE AS
WARNING OK KAN SAJA
HASILNYA

HAPUS BARIS / ROW 1-5
Baris / row 1-5 hanya merupakan keterangan yang tidak akan dibutuhkan nantinya di Aplikasi, oleh karena itu maka kita harus menghapusnya, sebab Aplikasi akan membaca isi file dari baris pertama, karena sudah tidak berguna lagi maka silahkan dihapus saja.

HAPUS BARIS 1-5

RUBAH FORMAT TULISAN

  • Blok semua tulisan / teks dengan CTRL + A
  • Kemudia rubah menjadi TEXT pada formatnya
  • Selesai

RUBAH JADI TEXT

PASTIKAN KETIKA MENYIMPAN FILE DENGAN FORMAT CSV (MS-DOS), Karena format ini menghasilkan file yang lebih kecil sehingga ketika kita menguploadnya lebih ringan. 

Hingga disini setengah kerja kita selesai, langkah selanjutnya adalah mengupload data yang telah kita simpan dengan format CSV (MS-DOS) tadi ke aplikasi EMIS Online. 

0 comments:

Post a Comment